Cara Konfigurasi FirstBoot pada BIOS di Komputer

Welcome to DOCKER_LINUX Guys, Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang dunia Komputer, Khususnya Cara Mengatur FirstBoot di BIOS Pada Komputer.

Hai Guys, Salam sejahtera bagi kita semua, Kali ini aku akan membagiakn sedikit ilmu tentang perkomputeran nihh.. Yupp Booting. Apa sih itu booting ? BIOS? Dan apalagi itu FirstBoot ?

Disini saya akan membahas sedikit tentang Booting,BIOS,dan FirstBoot
Booting, booting ini adalah suatu proses dimana arus listrik masuk untuk menghidupkan komponen komputer sehingga bisa kita gunakan.
BIOS (Basic Input Output System) adalah suatu program yang ditulis menggunakan bahasa assembly yang berfungsi sebagai pengontrol atau pengecek dari hardware yang kita gunakan.BIOS ini biasanya sudah ikut serta dalam CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) . Benda ini adalah baterai bundar yang menempel pada motherboard (kalau belum tahu lihat gambar dibawah ini)
Karena CMOS itulah mengapa pengaturan jam, tanggal kita tidak berubah walaupun komputer kamu dimatikan (Jadi dia berjasa banget ya wkwkw)
FirstBoot seperti namanya yaitu "boot pertama" ini adalah suatu konfigurasi dimana kamu dapat memilih devices apa yang pertama kamu prioritaskan setelah komputer kamu dinyalakan.(Biasanya ini merujuk pada installasi sebuah sistem operasi)(dan juga defaultnya ini mengarah ke hardisk karena disitulah kita menginstall sebuah sistem operasi)(biasanya disini kita mengatur mau yang flaskdisk hardisk atau DVD saat proses awal installasi system operasi)

Ok Guys itulah tadi sedikit tentang dunia per-BOOT-an wkwkwk. Untuk mempersingkat waktu c'mon check this out !! Stay keep reading ya :)

Setelah kamu sudah paham tentang apa itu firstboot sekarang kamu akan mengkonfigurasinya , Cara mengkonfigurasinya yaitu melalui BIOS , BIOS ini bisa diakses dengan menekan tombol "tertentu"(biasanya del, F2, F10 dll tergantung komputer sih) yang muncul sebelum komputer berhasil dinyalakan (jadi disini kamu harus cepet cepetan sama komputer nih wkwkw). Untuk mengetahui tombol "tertentu" itu kamu bisa mengetahuinya disisi pojok kiri komputer(lihat gambar dibawah ini)
Yupp disitu kamu disuruh menekan tombol "del" untuk bisa masuk ke BIOS (Kamu harus sudah menekan tombol del sebelum komputer benar benar menyala(saat ada tulisan itu langsung tekan saja jika kebablasan masuk ke windows kamu maka restart windows kamu dan ulangi lagi sampai kamu berhasil masuk ke BIOS)) (Ribet Juga ya wkwkwk)

Setelah berhasil masuk ke BIOS kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini (Setiap Komputer berbeda beda apalagi sekarang karena ada pengupdatean BIOS tampilannya beragam akan tetapi menu dan settingannya tetap jadi tidak usah terlalu disikirkan, tinggal kita saja harus mengetahui tempatnya)
Banyak menu seperti yang tertera di atas saya akan menjelaskannya berdasarkan pengalaman dan pembelajaran saya

Untuk Mengarahkan Tab Tab pada BIOS kamu bisa meggunakan keyboard berikut ini
1. Esc / Escape => keluar dari setup BIOS
2. ↑↓ => Select item
3.  ← → => Select Tab
4 Enter => Select Value
5. F1 => General Help
6.F5 => Previous Values
6.F7 => Optimized default
7.F10 => keluar dari setup BIOS dan menyimpan hasil settingan
(Bisa kamu lihat di bagian bawah berwarna biru)

Tab Main ini biasanya berisi tentang pengaturan jam tanggal serta informasi dari BIOS kamu (versi bios dan spesifikasi komputer kamu) dan lain lain.
Tab Advanced ini biasanya berisi tentang USB dan lain lain
Tab PCIPnP sepertinya ini berisi tentang konfigurasi PCI
Tab Boot ini berisi tentang prioritas boot yang akan digunakan oleh komputer kita setelah dinyalakan
Tab Security ini mengatur tentang password system dan hal hal yang berbau privasi
Tab Exit ini berisi tentang sebelum kita keluar kita mau menyimpan konfigurasi itu atau tidak

Untuk pengaturan FirstBoot tentunya kita harus berada di Tab Boot 
Disitu kita akan melihat beberapa pilihan seperti First, Second, Third Boot yang akan kita gunakan sebagai prioritas saat kita menyalakan komputer kita 
Untuk Installasi Sistem Operasi Pada Firsboot harus kita arahkan ke bootable kita Misal Flaskdisk, atau Dvd. Kemudian Second Boot Wajib Hardisk karena itu yang akan kita gunakan sebagai penyimpanan sistem operasi kita, Untuk ThirdBoot di disabled saja tidak apa apa.Setelah itu SIlahkan tekan "Esc" kemudin "save changes and reset" kemudian kamu akan menemui halaman pertama instalasi sebiah operasi sistem.

Ok Guys itulah tadi sedikit ilmu tentang cara Konfigurasi Firsboot  I hope you can operate the BIOS by yourself with this material. See you on the next artikel.
Jika ada pertanyaan mengenai hal hal lainnya yang bersangkutan dengan materi silahkan hubungi kami di Kontak_1 or Kontak_2

Jangan lupa terus dukung Blog ini untuk terus maju dengan cara comment, subscribe, share, dan sering seringlah berkunjung ke blog ini. Untuk partisipasinya saya ucapkan banyak termakasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment