Cara Install SSH (openssh-server) di Debian 8.4

Welcome to DOCKER_LINUX Guys, Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang dunia Linux, Khususnya Cara Install SSH di Debian.

Oi Oi guys gimana kabarnya? Pada sehat kan ? Untuk saat ini aku akan memberikan tutorial tentang cara install SSH di Debian 8.4. Sebelum kita beranjak ke tutorial seperti biasa saya akan menjelaskan sedikit tentang ssh. 

Apa itu SSH, Fungsi, dan Cara penggunaan 
SSH (Secere Socket Shell) adalah aplikasi pengganti remote seperti telnet atau sejenisnya, dan dengan adanya ssh ini kita bisa melakukan hubungan (meremote).SSH ini diciptakan untuk menggantikan aplikasi aplikasi lain seperti telnet karena keamanan yang mereka berikan kurang. Dengan ssh ini kita diberi sertifikat keamanaan yang menjamin terjaminnya hubungan antara ke dua pihak dan juga dengan ssh ini kita bisa mengganti ke port berapa kita bisa mengunjunginya.

Itulah sedikit materi tentang SSH,  untuk lebih jelasnya kuyy praktekkan dan baca tutorial berikut ini dengan seksama hmmm..

Persiapkan alat dan bahan ya guys 
Pertama agan agan semua harus sudah bisa install linux, cara update, dan punya aplikasi putty
Jika agan agan masih bingung, silahkan baca tutorial tutorial saya sebelumnya yaitu sebagai berikut
Install linux bisa baca di sini
Update Linux bisa baca di sini
dan untuk aplikasi putty bisa di download di sini

Setelah agan agan sudah siapkan semua maka let's the tutorial begin

Silahkan kamu login menggunakan user root karena untuk setiap penginstallan aplikasi kita harus menjadi super user atau administrator yaitu menggunakan user root.
Login dengan user root bisa ditandai dengan tanda "#" seperti gambar diatas

Setelah kamu login kamu harus mengupdate linux kamu yaitu dengan perintah "apt-get update"
 Jika update kamu berhasil maka akan muncul gambar seperti dibawah ini yaitu di akhir kode bertuliskan "Done".

 Kemudian untuk penginstallan aplikasi ssh kamu harus mengetikan perintah seperti ini "apt-get install openssh-server"
 Jika kamu sudah melakukan perintah diatas maka kamu akan melihat proses penginstallan (Jika dalam penginstallan di beri pertanyaan "Yes/No" pilih "Yes" saja)
Proses penginstallan aplikasi ssh ini dikatakan berhasil apabila tidak ada error di bagian akgir kode seperti gambar diatas(biasanya kalau error ditandai dengan tulisan error atau tulisan tulisan berwarna selain putih)

Setelah proses diatas selesai sekarang tes jaringan antara server ssh dan laptop yang nant akan kamu gunakan untuk meremote server yaitu menggunakan putty.  
Jika proses diatas sudah TTL seperti itu maka kamu bisa dipastikan sudah bisa meremote server debian tersebut.

Buka aplikasi putty yang sudah kamu download tadi
 Dan tampilannya akan seperti berikut
Kemudian isi kolom "Host Name (or IP address)" dengan ip server debian kamu dan kolom "port" biarkan saja karena itu adalah port default dari ssh (jika ingin menggantinya tunggu artiker selanjutya ya wkwkw). Setelah semua sudah terisi tekan tombol open

Selanjutnya jika kalian sudah bisa tersambung maka akan tampil kotak warning seperti dibawah ini
Tekan "Yes" untuk melanjutkan (ini adalah serangkaian cara untuk agree sertifikat yang telah dibuat oleh server ssh kita)

Jika kalian sudah menekan tombol Yes maka akan tampil form login seperti dibawah ini(gambar dibawah ini menunjukan bahwa server kita sudah bisa kita remote melalui aplikasi SSH)
Untuk Sesi login yang pertama kamu harus menggunakan user terlebih dahulu (bukan user "root" diatas saya contohkan saya menggunakan user tolibin kemudian saya ketikan "su" yaitu seper user dan login menggunakan user "root") kemudian itu dengan saya memperlihatkan IP nya agar kamu tahu bahwa itu adalah server yang kita konfigurasi tadi.

Kamu juga bisa melakukan cara penginstallan dengan cara cara lain ini hanya sekedar referensi yang mudah menurut admin. So Congrulation karena sudah bisa mempraktekkan tutorial ini.

Ok Guys itulah tadi sedikit ilmu tentang cara Konfigurasi SSh server di Debian I hope you can follow this tutorial without problem anything.
Jika ada pertanyaan mengenai hal hal lainnya yang bersangkutan dengan materi silahkan hubungi kami di Kontak_1 or Kontak_2


Jangan lupa terus dukung Blog ini untuk terus maju dengan cara comment, subscribe, share, dan sering seringlah berkunjung ke blog ini. Untuk partisipasinya saya ucapkan banyak termakasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment