Cara Backup Dan Restore Database di Mysql

Welcome to DOCKER_LINUX  Guys, Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang dunia Linux, Khususnya Cara Backup dan Restore Database di Debian.

Hai khalayak IT kali ini aku akan berbagi informasi tentang mysql nih.Khususnya tentang cara backup dan restore database. Sebelum itu seperti artikel-artikel sebelumnya harus ada materi biar kamu paham ya guys.
Mysql atau My Structured Query Language adalah sebuah aplikasi yang bisa menampung data data atau database dari aplikasi yang kamu jalankan misal kamu punya server wordpress nah disitu informasi tentang user dan data data pengguna lainnya itu ditaruh di yang namanya database ini.

Untuk Penginstallan Mysql Coba kalian baca artikel saya tentangCara Install Mysql Server di Debian

Ok guys Kuyy mulai step step nya
Pertama pastikan Mysql kamu sudah terpasang

Kemudian Jangan lupa password mysql kamu serta database apa yang mau kamu backup (Disini saya mencontohkan akan membackup dan restore database dari wordpress)

Untuk mengbackup database ketikkan perintah berikut "mysqldump -u (username kamu) -p (database_yang_akan_dibackup) > nama_backup.sql"
Gambar diatas saya contohkan saya membackup database bernama "wp" menjadi wp_backup.sql (nama wp wp_backup ini tergantung nama database kamu dan kamu namai apa database hasil backupmu)

Setelah selesai prosesnya (lama prosesnya tergantung seberapa besar databasenya)
Login ke mysql kamu dan buat database baru sebagai wadah untuk merestore database yang sudah kamu backup tadi. Dengan perin
Di atas saya mencontohkan saya membuat database baru bernama wordpress dan kemudian saya keluar


Kemudian untuk merestore database kamu hal yang harus kamu lakukan adalah ketikkan perintah "mysql -u username -p nama_database < nama_backup.sql"

Seperti pada gambar diatas saya contohkan saya merestore "wp_backup.sql" ke database baru yang bernama "wordpress" (Proses ini juga agak memaka waktu tergantung seberapa banyak data di database kamu.)

Ok Guys itulah tadi sedikit ilmu tentang cara Backup dan Restore Databse di Mysql I hope you can follow this tutorial without problem anything.
Jika ada pertanyaan mengenai hal hal lainnya yang bersangkutan dengan materi silahkan hubungi kami di Kontak_1 or Kontak_2

Jangan lupa terus dukung Blog ini untuk terus maju dengan cara comment, subscribe, share, dan sering seringlah berkunjung ke blog ini. Untuk partisipasinya saya ucapkan banyak termakasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment