Pengertian, Fungsi, Arsitektur dan Istilah Istilah dalam Docker

Welcome to DOCKER_LINUX  Guys, Pada Kesempatan Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang dunia Docker, Khususnya Pengertian Docker.

Apa itu Docker?
Docker adalah sebuah platform terbuka untuk mengembangkan, menyebarkan, dan menjalankan aplikasi. Docker dirancang untuk membuat aplikasi lebih cepat. Anda dapat memisahkan aplikasi dari infrastruktur dan memperlakukan infrastruktur seperti aplikasi yang dikelola. Docker membantu pembangunan kode lebih cepat, uji coba lebih cepat, dna menyebarkan lebih cepat, dan memperpendek siklus antara menulis kode hingga kode tersebut dijalankan.

Definisi Docker Engine
Docker Engine adalah aplikasi client-server dengan komponen-komponen utama:
Sebuah server dengan jenis program long-running disebut proses daemon. Daemon mengkreasikan dan mengelola objek-objek Docker. Yang termasuk Docker object adalah image, kontainer, network, volume data, dan sebagainya.

Sebuah REST API yang menentukan interface yang dapat digunakan program untuk berbicara dengan daemon dan menginstruksikan apa yang harus dilakukan.

Sebuah klien antarmuka baris perintah (Command Line Interface / CLI).CLI memanfaatkan Docker REST API untuk mengontrol atau berinteraksi dengan Docker daemon melalui scripting atau perintah CLI langsung. Banyak aplikasi lain Docker memanfaatkan dasar API dan CLI.
                          
Apa Saja Kegunaan Docker ?
Pengiriman Aplikasi Lebih Cepat
Docker dapat membantu siklus pengembangan anda. Docker memungkinkan pengembang untuk mengembangkan pada wadah lokal yang berisi aplikasi dan layanan. Hal ini kemudian dapat di integrasikan ke dalam integrasi dan penyebaran alur kerja secara terus menerus.

Memudahkan Penyebaran dan Scaling
Portabilitas Docker dengan keringanan yang di usung Docker, dapat membuat pengelolaan beban kerja dinamis menjadi lebih mudah. Anda dapat menggunakan Docker untuk cepat meningkatkan atau menghapus suatu aplikasi dan layanan. Kecepatan Docker ini dapat di-skala-kan dengan kecepatan secara real time.


Arsitektur Docker
Docker menggunakan arsitektur client-server. Klien Docker berkomunikasi dengan daemon Docker, yang melakukan pekerjaan berat untuk membangun, menjalankan, dan mendistribusikan wadah Docker anda. Kedua klien Docker dan daemon dapat berjalan pada sistem yang sama, atau anda dapat menghubungkan klien Docker ke daemon Docker secara remote. Klien Docker dan daemon berkomunikasi melalui soket atau melalui REST API.

Docker daemon
Seperti ditunjukkan dalam diagram di atas, daemon Docker berjalan pada mesin host. pengguna tidak langsung berinteraksi dengan daemon, melainkan melalui klien Docker.

Docker client
Docker client, dalam bentuk docker biner, adalah antarmuka pengguna utama untuk Docker. Docker client untuk menerima perintah dari pengguna dan berkomunikasi bolak-balik dengan Docker daemon.
pengenalan arsitektur docker
Istilah – istilah di dalam Docker
Docker Daemon
Docker daemon berfungsi untuk membangun, mendistribusikan dan menjalankan container docker. User tidak dapat langsung menggunakan docker daemon, akan tetapi untuk menggunakan docker daemon maka user menggunakan docker client sebagai perantara atau cli.


Docker Images
Docker image merupakan dasar template untuk docker container, sebuah image biasanya berisi OS maupun aplikasi yang telah diinstall dan telah jadi. Image ini digunakan untuk menjalankan container, di docker index terdapat banyak image yang bisa kita pilih dan kita gunakan sebagai base image.


Docker Container
Docker container sendiri merupakan sebuah image yang dapat dikemas dan dibaca tulis, container berjalan diatas image. Pada setiap perubahan yang disimpan pada container akan menyebabkan terbentuknya layer baru di atas base image. Kita dapat melakukan instalasi aplikasi didalamnya dan melakukan penyimpanan.


Docker Registry
Docker registri merupakan repositori distribusi kumpulan docker image yang terpusat baik bersifat public dan private repositori. Registry public Docker disebut dengan Docker Hub. Disini kita bisa push image kita sendiri maupun pull image.

Dockerfile
Dockerfile merupakan skrip yang yang berisi atau terdiri dari serangkaian perintah (intruksi) yang akan dieksekusi secara otomatisasi dan berurutan untuk membangun sebuah image.

Ok Guys itulah tadi sedikit ilmu tentang Pengertian docker.
Jika ada pertanyaan mengenai hal hal lainnya yang bersangkutan dengan materi silahkan hubungi kami di Kontak_1 or Kontak_2


Jangan lupa terus dukung Blog ini untuk terus maju dengan cara comment, subscribe, share, dan sering seringlah berkunjung ke blog ini. Untuk partisipasinya saya ucapkan banyak termakasih.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment